Aaah ga terasa udah semester 3 -_- sesuai buku besar haluan pandangan hidup, gue harus bisa kerja part time nih buat nambah nambahin modal hidup haha ya maklumlah semester 5 gue harus bener bener bisa mandiri. Uang dari ortu harus distop apapun itu alesannya. Oi oii gue malah curhat, okesip karena faktor dunia kerja yang makin ketat kompetisinya mau gamau gue juga harus bisa ilmu terapan bukan hanya teori. Nah ini kebanyakan disemester 3 bukunya buku terapan. Apa aja sih ? yuk yuk liat

1. Grammar lengkap
       Sebenernya ini buku mau gua beli dari bulan puasa kemarin, waktu itu gue lagi bukber sama temen temen osis di DM, karena boring nunggu " waktu buka puasa" yang masih lama, gue keliling gramedia deh, eh nemu itu buku. Mau langsung gue beli tapi isi dompet ngenes banget haha Mudah-mudahn disemester 3 rejeki gue melimpah ruah. Aamiin

2. TOEFL-ITP, TOEL Internasional - CBD, TOEIC, IELF, IELTS dan IBT Preparation
        Pusingkan bacanya ? haha gue aja ngetiknya kudu ngecek mbah google dulu.
Gue ga pernah niat mau beli buku gituan tapi yaa mau gimana lagi, pas gue cek berbagai loker di berbagai perusahaan/lembaga dan bank ternama milik swasta maupun pemerintah. Hampir semuanya menyaratkan para pelamar untuk nunjukin sertifikat diatas. Contohnya : di BI sertifikat TOEFL-ITP min 500 point, TOEL Internasional min 170 point dan IELTS min 5,5. Dan ngedapetin point sebanyak itu bukan perkara mudah, tapi suliiitnya masyaAllah deh. Coba tanya sama senior kalian kalo ga percaya haha
Yaa mudah-mudahan aja gue bisa ngedapetin sertifikat diatas dengan point yang melampaui jauh dari syarat minimal pointnya. Aamiiin. Doain saya yaa temen- temen :*
Oh iya buat kalian yang isi kantongnya pas-pasan jangan shock deh ngeliat kalo ngeliat harga buku diatas HAHA gue aja mau pingsan -_-

3. Microsoft (aplikasi komputer untuk bisnis)
         Ini buku penting banget bagi gue. Yaa wajarlah, sebagai calon bankir kalo ga ngerti komputer yaa tamatlah. Kalo udah ngerti basic komputer sih gampang kok mahaminnya tinggal di hafal terus dipraktekin berulang ulang hehe songong bener nih gue

4. Istilah-istilah bisnis dalam bahasa inggris
         Nah nah ini juga ga kalah penting, di dunia kerja  kita, dalam bersosialisasi sama rekan bisnis kita harus menggunakan istilah bisnis. Contohnya : Arti kata "save" di dunia ekonomi adalah "menabung"
 tapi di dunia hukum artinya "menyelamatkan". Nah makanya kalo ga paham mending ...................... *isi sendiri*


Okesip cukup buku itu aja yang wajib dibeli. Siapin aja budget sekitar 1-4 juta lahh.

Interpol~



0 komentar:

Posting Komentar

 
Aysan © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top